Selasa, 15 Juli 2014

Sampah spam, mengotori internet

Tema kali ini adalah tentang Akismet spam. Yup, meski sepele, ternyata adalah sebuah keharusan bagi para blogger yang ngeblog dengan platform wordpress untuk melindungi blognya dari spam menggunakan plugin akismet. Plugin berukuran mini ini terbukti ampuh menghalau semua setan spam yang berseliweran di blog wordpress milik kita.

Bayangkan betapa banyak tenaga yang harus Anda keluarkan hanya untuk menghapus comment spam yang masuk, pertama comment spam di email Anda dan kedua di dashboard wordpress Anda. Berikut ini adalah screenshot comment spam yang saya terima dalam waktu sekitar 1 bulan :

Bener! Jumlahnya sekitar 26.270 biji, itu pun sudah ada sekitar 2000an yang saya hapus sebelumnya. Cepek de. Berita buruknya, karena sangat sulit untuk mencari satu persatu comment mana yang spam mana yang tidak, ada beberapa comment visitor blog ini yang terhapus. Maaf. Meski demikian, saya berhasil merecover sekitar 100 comment yang masuk. Jadi kalau misalnya Anda sempat meninggalkan comment di blog ini, mohon maaf kalau baru sekarang commentnya nongol.
Eh. Tetapi, ternyata spam juga ada sisi baiknya loh. Jika Anda adalah blogger pecinta alexa rank, maka percayalah bahwa spam ini akan mampu mendongkrak alexa rank milik Anda secara signifikan. Tinggal Anda saja yang harus memilih : spam masuk atau alexa munggah :)
Buat yang mau download plugins akismet , silahkan langsung kesini

Semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar