Rabu, 16 Juli 2014

Buatlah presentasi yang batus

Di era yang dibanjiri dengan maraknya tokoh-tokoh motivator dan entepreneur yang digemari seperti sekarang ini, banyak orang yang lantas melihat ladang baru di bidang seminar terkait bisnis, motivasi dan entrepeneurship. Mulai dari civitas kampus, maupun lembaga-lembaga bimbingan dan konsultasi yang terkait dengan bidang tersebut ramai-ramai mengusung seminar dan workshop bisnis dan motivasi mereka.
Animo yang cukup besar ini tentu saja memberi sedikit harapan,
bahwa kedepannya bangsa kita akan diramaikan oleh generasi yang optimis, cerdas dan memiliki jiwa entepreneurship tinggi. Namun sayang, membanjirnya seminar-seminar terkait bisnis dan motivasi ini terkadang tidak dibarengi dengan profesionalisme dalam menyajikan materi yang seringkali menyebabkan konsep yang mereka sampaikan menjadi kabur. Padahal, materi training yang disajikan secara apik, deskriptif dan menarik tentunya akan membuat peserta memiliki kesempatan lebih besar untuk menikmati dan menyerap materi yang disampaikan.
Sebagaimana yang baru saya alami beberapa bulan yang lalu, saya tertarik untuk mengikuti sebuah seminar bisnis karena desain poster mereka terlihat profesional sehingga saya berpikir “Acara ini pasti menarik”. Namun sayang, dalam acara tersebut, penyampaian materi menjadi sangat membosankan karena slide yang ditampilkan sangatlah ‘datar’ layaknya dibuat oleh orang yang baru mengenal aplikasi Power Point. Padahal untuk belajar untuk membuat slide presentasi bisnis yang berkualitas tinggi misalnya, kita bisa belajar dari slide-slide yang bertebaran di internet. Materi presentasi yang ada di RajaPresentasi.com misalnya, di situs tersebut kita dapat melihat bagaimana contoh slide yang didesain secara profesional walaupun sekedar preview. Saya berharap, di kemudian hari pihak-pihak yang sering mengadakan training-training semacam itu akan selalu mengedepankan prinsip good package, good content dalam acara-acara yang mana peserta membayar untuk itu.  Maju terus Indonesiaku

0 komentar:

Posting Komentar